Pemeliharaan tanah yang tepat merupakan faktor penting dalam pertumbuhan dan hasil tanaman. Penilaian kesuburan tanah adalah proses mengevaluasi masalah nutrisi tanah dan membuat rekomendasi pemupukan. Kebutuhan unsur hara yang diperlukan tanaman untuk pertumbuhan dan produksinya ditentukan oleh kemampuan tanah dalam menyediakan unsur hara bagi tanaman dan tidak selalu dapat terpenuhi. Intensifnya penggunaan lahan tanpa adanya pergiliran tanaman dapat menyebabkan terkurasnya unsur hara esensial dari dalam tanah pada saat panen dan kesuburan tanah akan menurun secara terus menerus. Menurunnya kesuburan tanah dapat menjadi faktor utama yang mempengaruhi produktivitas tanah, sehingga penambahan unsur hara dalam tanah melalui proses pemupukan sangat penting dilakukan agar diperoleh produksi pertanian yang menguntungkan.

Penilaian evaluasi status kesuburan tanah dapat dilakukan melalui pendekatan uji tanah dengan perangkat uji tanah sawah (PUTS)  dimana penilaian dengan menggunakan metode ini relatif akurat dan cepat. Pengukuran sifat-sifat kimia tanah sebagai parameter kesuburan tanah kemudian ditetapkan dalam kriteria kesuburan tanah. Dengan menggunakan perangkat uji tanah sawah (PUTS) diharapkan dapat menghasilkan data kesuburan tanah sawah Desa Soka dan rekomendasi kebijakan dalam pengelolaan tanah sawah berdasarkan hasil uji tanahnya.

Tujuan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan latar belakang adalah memberikan pengetahuan pada petani tentang pentingnya mengetahui tingkat kesuburan tanah secara berkala dan mengetahui tingkat kesuburan tanah sawah Desa Soka.

Kelompok Tani di Desa Soka selama ini belum mengetahui pentingnya menjaga kesuburan atau kesehatan tanah sawah. Mayoritas petani hanya melakukan kegiatan berdasarkan pengalaman, yaitu melakukan pemupukan dengan pupuk kimia sebanyak mungkin agar produksi meningkat. Namun, akibat pelaksanaan praktek pemupukan yang tidak bijaksana mengakibatkan hasil produksi cenderung turun dan timbul masalah pada lahan sawah desa Soka. Dalam program penyuluhan ini diikuti sedikitnya 17 anggota kelompok tani Desa Soka.

Kegiatan PKM di Desa Soka mampu meningkatkan pengetahuan kelompok tani dalam menjaga kesuburan tanah karena sebelum pelaksanaan penyuluhan mayoritas kelompok tani tidak mengetahui pentingnya menjaga kesuburan tanah kemudian setelah dilakukan penyuluhan, pengetahuan kelompok tani meningkat > 90% tentang pentingnya menjaga kesuburan tanah sawah. Kemudian dari hasil evaluasi tanah sawah di Desa Soka menunjukkan tanah sawah mempunyai pH netral, kadar N yang rendah, Kadar K yang rendah, dan Kadar P yang Tinggi.