Salatiga, Jawa Tengah (7/2/2023) Bertempat di Hotel Grand Wahid Salatiga, sedang berlangsung Workshop Penyesuaian Kurikulum Program Studi S1-Agroekoteknologi. Civitas Akademika S1-Agroekoteknologi beserta pimpinan Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) perkuat sistem pembelajaran melalui penyesuaian kurikulum untuk memberikan pembelajaran dan pelayanan yang prima untuk mahasiswa dilingkungan Fakultas Peternakan dan Peranian Universitas Diponegoro.

Workshop ini diawali dengan sambutan Ketua Program Studi S1-Agroekoteknologi, Dr. Ir. Eny Fuskhah, M.Sc. dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan acara yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Peternakan dan Peranian Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Ir. Bambang Waluyo H.E.P., M.S., M.Agr., IPU.

“Penyesuaian kurikulum ini kita lakukan pada kesempatan ini, sekaligus mengevaluasi kegiatan pembelajaran dan juga evaluasi pelaksanaan Program Merdeka Belajar yang sudah berlangsung, agar kegiatan pembelajaran dan Program Merdeka Belajar pada waktu mendatang dapat berjalan dengan baik” tutur Ketua Program Studi.

“Menjadi Program Studi yang terus berkembang seiring perkembangan zaman mutlak perlu dilakukan oleh kita sebagai institusi pendidikan yang unggul. Diharapkan Program Studi Agroekoteknologi harus selalu berbenah, Generasi millennial harus terus diawasi dan lebih dibimbing, kurikulum harus mampu menyesuaikan perubahan-perubahan yang menyesuaikan dengan generasi 4.0” sambut Dekan.

“Rencana kedepan penyesuaian kurikulum disesuaikan dengan MBKM yang bertujuan agar mahasiswa mendapat pekerjaan dengan cepat atau dengan solusi lain yaitu mahasiswa bisa berwirausaha. Sehingga solusinya adalah bagaimana kurikulum harus mengarah dan membekali mahasiswa mampu bertarung di luar Undip” lanjutnya.

Disesi berikutnya, Dr. Ir. Susilo Budiyanto, M.Si. dan Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si menyampaikan terkait penyesuaian kurikulum S1-Agroekoteknologi, dilanjut dengan memandu diskusi terkait dengan evaluasi Kurikulum 2020 (MBKM).

Dihari berikutnya (7/2/2023) kegiatan dilanjutkan dengan diskusi perihal PKL, Seminar, dan Skripsi yang dipandu oleh masing-masing Komisi.

Komisi Seminar yang diketuai oleh Dr. Ir. Eny Fuskhah menyampaikan beberapa evaluasi dan rekomendasi perubahan terkait pelaksanaan Seminar pada semester mendatang.

Dilanjut dengan Komisi PKL yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Kusmiyati yang menyampaikan evaluasi terkait pelaksanaan PKL pada tahun sebelumnya dan rencana alur pelaksanaan PKL pada pelaksanaan mendatang.

Di sesi terakhir Komisi Skripsi yang diketuai oleh Bu Rosyida menyampaikan draft panduan dan beberapa Hal yang biasanya menjadi kendala bagi Mahasiswa.