Demak (15/1/2023) Petani di Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak tampak Antusias mengikuti serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Tim Dari Program Studi S1 Agroekoteknologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutkan Dari Program Inisiasi desa binaan Agroekoteknologi, yang mana pada pertemuan-pertemuan sebelumnya Petani Desa Brumbung mengeluhkan hama dan penyakit yang banyak menyerang Tanaman budidaya mereka.

Berdasarkan permasalahan itu, ketua Tim pengabdian Bapak Dr. Budi Adi menginstruksikan untuk dilakukan penyuluhan lebih lanjut serta pelatihan untuk Petani Desa Brumbung tersebut agar dapat melakukan pengendalian terhadap serangan hama maupun penyakit.

“Agensia Hayati seperti Trichoderma sp. bisa menjadi solusi pengendalian hama dan penyakit pada Tanaman budidaya disana”. Ujar Dr. Dian Safitri.

“Selain pengenalan terhadap berapa jenis agensia Hayati, disana kami melakukan pelatihan perbanyakannya, agar masyarakat dapat melakukannya secara berkelanjutan kedepannya”. Menurut Dr. Budi Adi.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 20 petani di Desa Brumbung yang berpartisipasi aktif dalam melakukan praktik perbanyakan Agensi Hayati yang dipandu oleh Dr. Dian dan Tim.

“Cara perbanyakan yang sederhana ini mudah-mudahan bisa dilakukan oleh bapak ibu sekalian dengan mudah dan praktis menggunakan peralatan yang pastinya ada di rumah masing-masing, nggih”. Sambut Arafat.

“Dengan antusias peserta yang tinggi memberikan semangat yang lebih kepada kami untuk selanjutnya dapat berbagi ilmu kembali”. Tutur Ketua Program Studi (Dr. Eny Fuskhah).