Semarang (21/12/2022) Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) telah berkunjung ke Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, khususnya Prodi Agroekoteknologi untuk bersinergi dalam percepatan diseminasi produk hasil persilangan.

Kegiatan pemuliaan tanaman untuk tanaman pangan di Program Studi Agroekoteknologi mulai diinisiasi sejak tahun 2016. Pada tahun tersebut kegiatan pemuliaan tanaman dimulai dengan mengkoleksi plasma nutfah dan memulai kegiatan mutasi pada komoditas kedelai. Dilanjut dengan kegiatan pemuliaan tanaman lainnya seperti persilangan beberapa genotype kedelai, persilangan beberapa genotype kacang panjang, persilangan beberapa genotype padi, serta kegiatan pemuliaan lainnya pada berbagai komoditas tanaman.

Hingga saat ini kegiatan seleksi galur galur potensial masih terus dilakukan. “Kegiatan ini disambut baik oleh PVTPP sehingga pada tahun 2022 kami kedatangan tamu dari pihak PVTPP, yang pertama dari Tim Pendaftaran dan Pelepasan Varietas Tanaman dan selanjutnya Tim Perlindungan Varietas Tanaman. Kedua informasi ini sangat kami perlukan untuk percepatan diseminasi calon varietas unggul yang telah kami upayakan sejauh ini” ungkap Prof. Kusmiyati.

“Saat ini sudah ada beberapa calon varietas unggul yang siap didaftarkan untuk memperoleh tanda daftar yang kemudian akan kami lepas maupun pendaftaran hak PVT, diantaranya Kacang Panjang dengan beberapa keunggulan yang diperoleh dari hasil persilangan” lanjutnya.

“Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh genotype yang menarik untuk dikembangkan lebih lanjut dan diteliti lebih lanjut yang mana nantinya bias menjadi keunggulan yang dapat membedakan dengan varietas lainnya yang sudah beredar di pasaran” pungkas Fajrin Pramana Putra (salah satu dosen dan peneliti di Agroekoteknologi).

Foto bersama dengan Komisi Perlindungan Varietas Tanaman

Foto bersama dengan Komisi Pendaftaran dan Pelepasan Varietas Tanaman