Sistem Pembelajaran

Konsep dasar teknologi sistem pembelajaran dapat dijelaskan dari berbagai aspek, antara lain: (1) aspek proses: meningkatkan efektifitas belajar, meningkatkan efesiensi pembelajaran, memperluas kesempatan belajar, serta menserasikan dengan kondisi dan kebutuhan; (2) aspek sumber: sumber daya manusia, ajaran, sarana prasarana serta lingkungan; dan terakhir (3) aspek sistem: komprehensif dan sistematik.  Teknologi sistem pembelajaran yang merupakan bagian dari teknologi pendidikan memiliki komponen antara lain perancangan; pengembangan; pemanfaatan; pengelolaan; penilaian dan penelitian proses; serta sumber dan sistem belajar. Sistem pembelajaran yang berlangsung di pendidikan tinggi seyogyanya menerapkan prinsip-prinsip teori kognitif-konstruktivistik dan teori pemodelan tingkah laku agar kemandirian aktif siswa sebagai pebelajar dapat diwujudkan. Dalam pandangan teori kognitif-konstruktivistik mengisyaratkan bahwa:

  1. Institusi pendidikan seharusnya mencerminkan masyarakat yang lebih besar dan kelas merupakan laboratorium untuk pemecahan masalah kehidupan yang nyata
  2. Pembelajaran di institusi pendidikan seharusnya lebih memiliki manfaat
  3. Munculkan rasa ingin tahu mahasiswa, agar memotivasi serta secara aktif membangun tampilan dalam otak mahasiswa
  4. Pembelajaran harus melibatkan mahasiswa secara mandiri dalam melakukan eksperimen atau dalam arti luas memberi kesempatan mahasiswa mencoba segala sesuatu untuk melihat apa yang terjadi, memanipulasi tanda-tanda, mengajukan pertanyaan dan menemukan sendiri jawabannya.

Terjadinya interaksi sosial dalam pembelajaran memacu terbentuknya ide baru dan memperkaya perkembangan intelektual mahasiswa.

Adapun pandangan teori pemodelan tingkah laku, mengisyaratkan bahwa :

  1. Manusia dapat belajar dari contoh (model) sebelum melakukan tingkah laku yang dimodelkan itu.
  2. Tingkah laku yang akan dilakukan dengan baik apabila tingkah laku tersebut jelas dan tidak terlalu kompleks
  3. Pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk melatih keterampilan-keterampilan baru merupakan hal yang sangat penting.