Profil Lulusan

Profil lulusan adalah peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi di masyarakat/dunia kerja. Profil ini adalah outcome pendidikan yang akan dituju. Dengan menetapkan profil, perguruan tinggi dapat memberikan jaminan pada calon mahasiswanya akan dapat berperan menjadi apa saja setelah ia menjalani semua proses pembelajaran di program studinya.  Profil lulusan Program Studi S1 Agroteknologi FPP Undip adalah memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap tenaga ahli pertanian lulusan program studi Agroteknologi akan lebih besar pada sektor swasta (non pemerintah), sedangkan pada sektor pemerintah lebih sedikit. Profil lulusan dimaksud adalah adalah: Pelaku di bidang pertanian (Birokrat, Teknokrat, Pengambil Kebijakan), Manajer (planner, designer, organizer, evaluator, mediator), Pengusaha (entrepreneur, initiator, adaptor, cooperator), Peneliti dan sebagai Komunikator (fasilitator, motivator dan mediator).

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu menerapkan prinsip ilmiah dalam merumuskan, menganalisis dan memecahkan permasalahan dalam bidang ilmu dan teknologi pertanian.
  2. Mampu menerapkan IPTEKS dibidang teknologi produksi tanaman berdasarkan prinsip pertanian berkelanjutan berbasis pertanian organik/lisa, baik yang bersifat modern maupun kearifan lokal.
  3. Memiliki kemampuan leadership, manajerial dan adaptasi terhadap lingkungan, serta jiwa kreatif, inovatif, responsif dalam merancang merencanakan dan mengevaluasi sistem produksi tanaman secara tepat sesuai kaidah pertanian berkelanjutan berbasis pertanian organik/lisa.
  4. Mampu mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama dalam tim yang multidisiplin.
  5. Keberanian memulai, melaksanakan dan mengembangkan usaha inovatif bidang produksi tanaman dalam pertanian berkelanjutan berbasis pertanian organik/lisa.
  6. Mampu menjalin kerjasama (bernegosiasi dan berkomunikasi) secara efektif.
  7. Mampu berinovasi dalam menerapkan IPTEKS dibidang teknologi produksi pertanian ke dalam praktek bisnis.
  8. Mampu menerapkan etika bisnis pertanian yang berwawasan lingkungan berbasis pertanian organik/lisa.
  9. Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis masalah secara tepat mengenal sistem pertanian yang berkelanjutan berbasis pertanian organik/lisa.
  10. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian serta menginterpretasikan data secara profesional.
  11. Mampu merekomendasikan penyelesaian masalah secara tepat dalam sistem budidaya pertanian yang berkelanjutan berbasis pertanian organik/lisa.
  12. Menjunjung tinggi prinsip-prinsip etika ilmiah.
  13. Kemampuan belajar sepanjang hayat.
  14. Mampu berfikir analisis dan sintesis dengan memperhitungkan dampak penyelesaian masalah di lingkup global dalam berkehidupan bermasyarakat.
  15. Kemampuan sebagai fasilitator, motivator dan mediator secara sistematik dan efektif.
  16. Mampu mengkomunikasikan permikiran secara individu maupun dalam tim.
  17. Mempunyai kemampuan berkomunikasi untuk memfasilitasi, memotivasi dan menjadi mediator dalam menghadapi permasalah bidang pertanian di masyarakat.